Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Gajah vs Semut



Apakah benar Gajah yang sangat besar takut dengan semut yang kecil-kecil itu??
kalo dari suit sih emang bener..gajah kalah sama semut...hehehe :D kayak anak SD aja suit-suitan ;D
tapi ternyata permainan adek-adek kita waktu SD ini ada benarnya lho......

Aneh memang, tapi ini memang benar adanya, masyarakat afrika menggunakan semut sebagai penjaga pohon-pohon mereka dari serangan para gajah yang lapar.


Profesor Todd Palmer, dari Universitas Florida, AS, yang turut berperan dalam riset ini mengatakan, "Ini benar-benar kisah David dan Goliath, di mana semut yang sangat kecil mampu menghadapi seekor herbivora raksasa, melindungi pepohonan dan memiliki dampak besar bagi ekosistem tempat hidup mereka."


"Kawanan semut yang masing-masing beratnya sekitar lima miligram dapat melindungi pohon dari hewan-hewan yang beratnya satu milyar kali lebih besar."


Para peneliti pun terus melakukan uji coba, dan saat ini para peneliti tertuju pada salah satu jenis pohon akasia (Acacia Drepanolobium), sangat jarang diganggu oleh gajah.


"Kami berpikir, ini benar-benar menarik karena kami seringkali menemukan gajah memakan pohon jenis lain yang tidak dikerumini semut," ujar Prof Palmer.


Para ilmuwan telah melakukan uji coba, di mana kerumunan semut dibersihkan dari sejumlah pohon. Mereka juga menebarkan kerumunan semut ke salah satu pohon akasia jenis A Mellifera yang disukai gajah.

"Ketika pada salah satu jenis pohon terdapat kerumunan semut, gajah akan menghindari pohon-pohon itu seperti anak kecil menghindari brokoli," ujar Prof Palmer. 

Tertulis dalam jurnal Current Biology, para peneliti mengatakan kelemahan gajah Achilles adalah belalainya. Meskipun secara permukaan terlihat tangguh, sebenarnya ujung saraf belelai gajah sangat sensitif.

"Tampaknya gajah takut semut berkerumun pada belelainya, dan saya tidak dapat menyalahkan mereka," ujar Prof Palmer.

Gajah nampaknya selalu mewaspadai kehadiran semut, lewat bau mereka, ujar para ilmuwan.
Belalai Gajah memang sangat luar biasa, dalam sekali kibasan belalai tersebut mampu menumbangkan pohon yang cukup besar, dan dalam jarak bermil-mil Gajah mampu mencium bau air dan juga sumber makanan namun dibalik kemampuan hebatnya belalai tersebut sangat sensitif dibagian dalamnya, dan semut dapat masuk dan membuat sang gajah kurang nyaman bahkan merasakan sakit, oleh sebab itulah gajah takut kepada semut.

Sumber : http://forum.viva.co.id/aneh-dan-lucu/111635-ternyata-gajah-takut-pada-semut.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar