Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Terjadinya Perubahan Kebudayaan



Berubahnya adat atau kebiasaan pada suatu masyarakat sangat mungkin terjadi, baik secara sebagian ataupun perubahan secara total. Hal itu tergantung keterbukaan dari masyarakat tersebut.
Terjadinya gerak atau perubahan ini disebabkan oleh 2 hal, yaitu :
1.    Berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan itu sendiri, misalnya karena perubahan jumlah penduduk dan komposisi penduduk.
2.    Berasal dari perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup. Masyarakat yang hidupnya terbuka, yang berada dalam jalur-jalur hubungan dengan masyarakat dan kebudayaan lain, cenderung lebih cepat berubah.
Datangnya kebudayaan baru didalam suatu masyarakat belum tentu diterima begitu saja oleh masyarakat yang ada, hal itu tergatung dari berbagai faktor yang ada, faktor yang mempengaruhi diterima atau tidaknya suatu unsur kebudayaan baru, diantanya :
1.    Terbatasnya masyarakat memiliki hubungan atau kontak dengan kebudayaan dan dengan yang berasal dari luar masyarakat tersebut.
2.    Jika pandangan hidup dan nilai-nilai yang dominan dalam suatu kebudayaa ditentukan oleh nilai-nilai agama, dan ajaran ini terjalin erat dalam keseluruhn pranata yang ada, maka penerimaan unsur baru itu mengalami hambatan dan harus disensor dulu oleh berbagai ukuran berdasarkan ajaran agama yang berlaku.
3.    Corak struktur sosial suatu masyarakat turut menentukan proses penerimaan kebudayaan baru. Misalnya sistem otoriter akan sukar menerima unsur kebudayaan baru.
4.    Suatu unsur kebudayaan diterima jika sebelumnya sudah ada unsur-unsur kebudayaan yang menjadi landasan bagi diterimabya unsur kebudayaan yang baru tersebut.
Apabila unsur yang baru itu memiliki skala kegiatan yang terbatas, dan dapat dengan mudah dibuktikan kegunaannya oleh warga masyarakat yang bersangkutan.

sumber:
- modul IBD (Ilmu Budaya Dasar)
-Drs. Joko Tri Prasetya, dkk. 1991. Ilmu Budaya Dasar, MKDU, Edisi Baru. Jakarta. penerbit Rineka Cipta. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar