Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kuatkan Identitasmu


Budaya, seiring berjalannya globalisasi yang semakin hebat maka sangat sulit untuk menghetikan perluasan suatu budaya, budaya di suatu wilayah akan dengan cepat dikenal di wilayah lain, terlebih semakin majunya teknologi kita dapat dengan mudah dan cepat mempelajari kebudayaan disuatu daerah seperti tarian, lagi, karya seni, dll

Setiap wilayah, daerah, dan negara biasanya mempunyai budaya, budaya tersebut beragam, dapat berupa masakan, tarian, karya seni, musik, upacara adat, dll, semua itu terbentuk berdasarkan kepercayaan, geografi wilayah tersebut, dll.

Setiap budaya dari suatu wilayah akan mencerminkan keadaan wilayah itu sendiri, akan menjadi ciri khas wilayah itu sendiri. Namun di negara kita pernah ada kasus pengakuan budaya kita oleh negara lain, hal itu sangat membuat negara kita terpukul, hal itu bisa terjadi karena para pemuda kita tidak menjaga dengan baik, tetapi justru sibuk mempelajari kebudayaan dari luar daerah. Tetapi akhir-akhir ini kita mendapat kabar gembira bahwa semua karya negara kita telah berhasil di hak patenkan dan di akui dunia sebagai warisan dunia asal Indonesia.

Kita sebagai pemuda tentu sangat boleh mempelajari kebudayaan dari luar, tetapi harus ingat, kita berasal dari Indonesia, maka kita harus terus memelihara karya-karya yang berasal dari kebudayaan negara kita sendiri, karena bagaimana pun karya itu adalah sesuatu yang memberikan ciri khas kepada negara kita.

Tugas para pemuda seperti kita adalah dimana pun kita berada, di negara atau wilayah manapun kita harus tetap menjaga identitas asal-usul kita, identitas tanah air kita. Dengan kita menghargai kebudayaan kita sendiri maka kebudayaan tersebut tidak akan hilang dimakan oleh zaman, dan tentu tidak akan tergantikan atau tersingkirkan oleh budaya-budaya yang berasal dari negara lain.

Hal itu dapat dimulai dari hal kecil seperti mulai mengenal sejarahnya, mulai mempelajarinya atau mungkin mengadakan pertunjukan kebudayaan daerah disetiap acara konser atau hari besar seperti ulang tahun daerah itu sendiri. Tentu dengan begitu semakin banyak generasi penerus yang melihat dan mempelajari kebudayaan asal negaranya sendiri.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar