Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Saluran Air Gravitasi Dari Romawi

Bangsa Romawi kuno mengembangkan suatu saluran air yang memanfaatkan gravitasi bumi untuk mengalirkan air ke seluruh wilayah Romawi.Selain digunakan untuk mengalirkan air, saluran air gravitasi ini juga digunakan dalam berbagai kegiatan masyarakatnya, diantaranya untuk roda air, hidrolik penghancur bijih besi, dan lain - lain.Tetapi yang menarik desain bangunan saluran air ini seperti deretan bangunan ‘aneh’ di sepanjang tepi pantai yang disusun menyerupai jembatan bersambung.Sangat panjang dan terlihat seperti pagar lurus di sepanjang pantai.
Bangunan khas Romawi ini, dengan lengkungan dan terbuat dari susunan batu kapur yang kokoh seperti jembatan kuno. Di atas bangunan itu ada kanal dengan dua stage. Lebar bangunan itu seukuran jalan raya, dengan ketinggian 8 meter (untuk high level stage) dan 5,5 meter (untuk low level stage) dari permukaan laut. Orang Romamenyebutnya ‘Aqueduck’ (bukan Aquaduck). Bangunan itu memanjang 8 kilometer dari sebuah sumber mata air di kaki Gunung Carmel, Crocodile River, dan sumber mata air Shuni Springs, menuju pusat kota Caesarea yang lebih rendah tempatnya. Hebatnya, bangunan itu dirancang khusus dengan kemiringan tertentu sehingga bisa turun sebesar 20 cm tiap kilometer hingga ke pusat kota.Dengan cara seperti itu, air akan mengalir begitu saja tanpa perlu dipompa dan hanya mengandalkan kekuatan gravitasi bumi. Sungguh teknologi yang sangat luar biasa.
Di bawah tanah kota, juga masih terlihat sisa-sisa saluran air yang berfungsi layaknya pipa PAM untuk mendistribusikan air bersih. Saluran pembuangan air kotor juga dibuat terpisah dan mengarah pada tempat pembuangan di pingir kota. Akibat digerus oleh zaman dan sempat telantar pada awal tahun 50-an, teknologi pengairan yang dirancang oleh Herodes itu sudah tidak bisa berfungsi lagi. Beberapa bangunan di ujung mata air dan yang mengarah ke kota juga sudah runtuh.Herodes adalah seorang penguasa Yudea, sebuah provinsi yang dianeksasi Romawi di Timur Tengah. Herodes terkenal sebagai penguasa yang memiliki visi membangun kota dan tempat-tempat peristirahatan. Dia adalah seorang arsitek bangunan megah dan piawai membangun kota dengan konsep yang terpadu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar