Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sumur Unik Dari India

Chand Baori

Chand Baori adalah sumur terkenal terletak di desa dekat Abhaneri Jaipur di negara bagian Rajasthan India. Candi ini dibangun pada abad ke-9 dan memiliki 3.500 langkah dengan kedalaman 100 meter. Ini adalah contoh keunggulan arsitektur yang menakjubkan di masa lalu.

Sebuah sumur kuno di India ini memiliki arsitektur yang sangat menarik. Ada 3.500 anak tangga yang harus dilewati sebelum mencapai sumur tersebut. Keindahan bentuk Chand Baori pun ditiru dalam salah satu set film Batman.

Desa Abhaneri di timur Rajasthan, India memiliki sebuah sumur yang digunakan oleh hampir seluruh masyarakat di sana. Alih-alih berbentuk bulat dan menjorok ke dalam, sumur ini berada di bangunan yang cukup unik. Memang letaknya ada di bawah, namun tidak diambil dengan melempar ember yang nantinya ditarik dengan tali.
Namun setelah masyarakat diperkenalkan dengan sistem perairan yang baru, perlahan Chand Baori ditinggalkan. Kini, airnya tak lagi jernih karena sudah tidak ada lagi yang mengambil air dari sana. Namun meski sudah ditinggalkan, sumur ini tetap memiliki pesona yang tak bisa pudar. 
Ada paviliun di bagian atasnya yang dilengkapi dengan pahatan patung bertemakan Hindu. Bahkan, sumur ini juga memiliki ruangan khusus yang dulunya dijadikan tempat raja dan ratu yang ingin menonton pertunjukan seni di sana.
Demi keamanan, 4 undakan paling bawah ditutup dengan pagar. Hal ini sama sekali tidak menutupi keunikan dan keindahan sumur ini. Pada saat musim panas, banyak warga lokal yang duduk-duduk di anak tangga. Ini karena udara di bagian bawah lebih sejuk dibanding udara di permukaan.

Karena keunikan bangunannya, Chand Baori dibuat tiruannya untuk film Batman, The Dark Knight Rises. Di dalam film tersebut, sang Batman alias Bruce Wayne ditahan di penjara bawah tanah milik sang tokoh antgonis, Bane. Latar belakang penjara tersebut adalah anak tangga yang saling silang, mirip dengan anak tangga yang ada di Chand Baori. 
Suasana situs Chand Baori yang terletak Desa Jaipur, India. Situs yang dibangun pada abad ke-9 ini merupakan sebuah sumur dengan dinding berbentuk tangga. Fungsinya agar dapat mengambil air sesuai dengan debit air. Chand Baori memiliki 3500 anak tangga, 13 lantai dengan kedalaman 100 kaki.
   Chand Baori (© GETTY IMAGES/Brian Bruner)
Chand Baori (© GETTY IMAGES/Brian Bruner)   


Sumber
http://oediku.wordpress.com/2011/01/30/10-keajaiban-arsitektur-dan-teknologi-di-masa-lalu/
http://travel.detik.com/read/2012/10/15/174722/2063171/1383/chand-baori-sumur-unik-dengan-3500-anak-tangga
http://gayahidup.plasa.msn.com/hang-out/melihat-situs-chand-baori-dengan-3500-anak-tangga

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar