Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Demokrasi

Demokrasi, kata ini pasti sering diucapkan saat pelajaran Pendidikan kewarganegaraan pada saat masih sekolah dulu, ada yang masih ingat apa arti demokrasi?
demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang semua warga negaranya memiliki kesetaraan hak, kesetaraan hak disini dalam mengambil keputusan dari peemerintah negara. demokrasi mengizinkan kita untuk berpartisipasi baik secara langsung ataupun melalui perwakilan sebagai warga negara dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. dikatakan juga bahwa demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara.

ber-Demokrasi juga adalah salah satu sifat yang baik untuk menjadi warga negara yang baik. warga negara yang baik tidak akan bersifat apatis, dia akan selalu peduli dengan perkembangan dan kebaikan negara, minimal untuk kebaikan bersama. kita sebagai warga negara yang baik tidak cukup dengan mematuhi peraturan yang dibuat pemerintah, kita harus ikut mengawasi dan berpartisipasi dalam mengambil keputusan.

kasus yang masih hangat adalah Pemilihan Umum Legislatif, mungkin banyak orang yang sudah kecewa terhadap kinerja pemerintah dan pasrah saja siapapun yang terpilih, sehingga banyak pula yang berniat untuk golput, padahal siapa yang terpilih tetap akan menentukan kedepannya negara ini, sifat pasrah ini yang disebut tidak ber-demokrasi. tentunya warga negara yang baik tidak akan melakukan hal seperti itu.
padahal pemerintah sudah memberi kemudahan untuk pemilih yang berada diluar daerah dengan cara menunjukan KTP di TPS terdekat, namun tetap saja :) alangkah baiknya jika semua orang ber-demokrasi dan tidak bersifat apatis.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar