Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahunan

pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang memperpanjang STNK setiap 5 tahun sekali...
saya berdomosili di Kab.Bogor, jadi saya mengurus di kantor samsat Kab.Bogor yang ada di Cibinong, awalnya saya ragu untuk mengurus sendiri karena menurut rumornya sangat ribet dan susah...tapi karena saya penasaran dan kebetulan sedang tidak ada jadwal kuliah saya coba untuk mengurus sendiri dan caranya cukup mudah bila anda sudah mengetahui langkah-langkahnya.... :)

kalau tidak salah ingat waktu itu saya datang ke kantor samsat sekitar jam 09:00 WIB, pertama saya datang ke fotocopyan untuk memfotokopi berkas-berkas yang diperlukan...
berkas yang diperlukan antara lain :

  1. BPKB (asli beserta fotokopi)
  2. STNK (asli beserta fotokopi)
  3. KTP pemilik kendaraan (asli beserta fotokopi)

setelah semua sudah difotokopi mas-masnya menawarkan untuk dirapikan, setelah saya bilang iya dengancekatan dia langsung merapikan berkas-berkas itu kedalam map, semua itu mengeluarkan biaya Rp5000,- . setalah itu saya sempat mengobrol dan bertanya langkah apa saja yang harus saya lakukan untuk memperpanjang STNK, awalnya agak bingung, tapi setelah saya banyak bertanya ke orang-orang yang sekiranya sudah tau saya pun mengerti. :)
lagkah-langkahnya adalah :


1. Ngegesek
Entah apa nama resminya, tami nama gaulnya ngegesek, hehe :D dinamain begitu karna nomor mesin+rangka motor kita digesek pake isolasi kertas untuk mengeceknya....
Jadi kita datang ke tenda tes fisik, bilang kalo mau ngegesek lalu menyerahkan berkas-berkas kita, setelah itu  masukan motor kita ke tenda tes fisik... :) setelah beberapa menit selesai...dan berkas kita dikembalikan dengen berkas tambahan hasil tes fisik...untuk biaya tes fisik sebenarnya gratis (kayaknya :) ) tapi terkadang diminta biaya seikhlasnya, hehe :D

2. Cek fisik
Selanjutnya kita pergi ke loket cek fisik, menyerahkan semua berkas-berkas kita termasuk hasil tes fisik, di loket ini cuma sebentar apa lagi kalo ngak ngantri....hehe

3. Mencari file
Setelah itu kita pergi ke 'Gedung File' letaknya sebelah dari gedung loket cek fisik, pertama kita menyerahkan berkas-berkas kita, selagi petugas mencari file-file tentang kendraan kita, kita menunggu untuk dipanggil. Proses ini juga tidak lama kira-kira hanya sekitar 5-7 menit, mungkin itu karena para petugas menyusun file-filenya dengan sangat rapi jadi cukup cepat untuk menemukannya. :) selanjutnya petugas menyerahkan berkas kita yang sebelumnya ditambah dengan file-file tentang kendaraan kita...untuk proses ini  diminta biaya seikhlasnya lagi... :)

4. Ngambil formulir
Setelah semua berkas kita komplit, selanjutnya kita datang ke loket formulir, masukan berkas-berkas kita beserta BPKB asli, tunggu beberapa saat kita akan diserahkan berkas-berkas kita beserta BPKB asli + formulir....isi formulir sesuai dengan data pada STNK dan KTP pemilik, ga terlalu riber kok.... ;)

5. Minta STP
Setelah selesai mengisi formulir kita datang ke loket STP, sebenarnya saya lupa STP itu kepanjangan dari apa, sepertinya surat tanda permohonan, atau apalah, lupa, hehe :)
masukan berkas+ formulir ke loketnya, setelah beberapa saat kita dapat kembali berkas-berkas kita ditambah dengan STP, selanjutnya isi STP, gampang kok..... ;)

6. Datang ke konter penelitian berkas
Rapikan semua berkas, serahkan ke loket 'penelitian berkas', BPKB asli disimpen sendiri aja, sisanya seperti KTP, STNK, FILE kendaraan, Cek fisik, Dll diserahkan...tapi tenang.......petugas akan meneliti berkas-berkas anda, jika ada yang kurang akan diingatkan... :) petugasnya cukup ramah kok...

7. Menunguuuuuu
Setalah itu tugas kita hanya menunggu........cukup lama.....mungkin ini resikonya kalo dateng agak siang...hehehe

8. Bayar ke kasir
Setelah menuggu sekian lama akhirnya dipanggil juga....hehehe :D
selanjutnya kita bayar ke loket...disana ada dua loket pembayaran...tenang...nanti sama petugasnya yang manggil disebutin kok kita harus bayar disebelah mana...setelah bayar dpt bukti pembayaran deh.............. :D

9. Menunggu lagiiiii
Lalu kemana? menunggu lagi????????
hoho :D, tenang.......kali ini menunggunya cuma sebentar kok.....paling cuma 15-30 menit saja....setelah itu dipanggil deh.........

10. STNK baruuuuu
Menyerahkan bukti pembayaran, taraaaaaaaa.......... :D STNK baru pun jadi..........
nanti kita dapat STNK baru, Notice pajak tahunan baru, KTP asli pemilik, surat NoPol... :D

11. Plat NoPol (nomor polisi)
untuk proses yang terakhir kita pergi ketempat pengambilan plat NoPol dengan membawa STNK baru+surat NoPol...serahkan ke loket cetak Nopol (sebelah parkiran motor, dekat tenda tes fisik), STNK dikembalikan, tunggu beberapa menit.......
taraaaaaaaa.........bukan sulap bukan sihir, langsung jadi.....cepet juga yaaaa.... :D kalo cat belum kering ya tiup-tiup dulu aja dikiiit....hehehe
sebelum pergi diecek dulu, bener ga plat NoPolnya..... :) dalam proses ini diminta biaya Rp5000,-


cukup mudah bukan?..........kalo nunggunya mah cukup lama....hehehe :D
intinya jangan malu bertanya.... mungkin jika kita sopan dan bertanya dengan benar maka petugas yang sedang sibuk pun mau menjawab, bahkan saya bertanya ke calo yang ada dan alhamdulillah dijawab, walaupun agak hyperbola sedikit....hehehe :D
tetap pasang senyum yang lebar dan tetap ramah saat bosan menunggu, tips biar ga bosan ya ngobrol ke orang sekitar kita...ya SKSD (sok kenal sok dekat) dikit gpp lah...... :D
sekian dulu yaa.....semoga bermanfaat.......

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar