Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Analisa Rumah Tinggal

1. Data Penghuni
Jumlah penghuni dirumah ini 4 orang, dengan rincian : Ayah, Ibu, dan 2 orang anak yang usianya diatas 17 tahun.

2. Aktivitas Penguni
Setiap harinya sang ayah bekerja pada hari aktif kantor. Ibu sebagai ibu rumah tangga yang aktifitasnya mayoritas dilakukan didalam rumah. Dan kedua anak pada hari tertentu melakukan aktifitas diluar rumah (kuliah, tugas, bermain, dll).
Sehingga bisa disimpulkan bahwa kegiatan yang dilakukan didalam rumah diantaranya, memasak, mencuci, menjemur, istirahat, belajar, dll

3. Lokasi
Lokasi rumah berada di daerah Gunung Putri, Kab. Bogor.
daerah ini merupakan daerah industri, namun juga masih banyak sekali ruang hijau yang berada di derah ini.


4. Orientasi
Orientasi rumah ini menghadap ke arah utara, membuat rumah ini menhadap matahari yang cukup namun tidak silau dan panas, ditambah lagi dengan lokasi rumah yang dekat dengah ruang terbuka yang hijau yang banyak ditumbuhi pohon-pohon besar. Selain itu juga sang pemilik rumah hobi dengan bercocok tanam, sehingga di bagian depan rumahnya terdapat 3 phon mangga yang besar sehingga mampu menyaring cahaya matahari agar tidak terasa silau.
                                           

5. Sirkulasi
Rumah ini mempunyai sirkulasi ganda yag saling terhubung, yang keduanya bersifat linear, dinama sirkulasi pertama berawal di pintu depan sampai ke dapur dan sirkulasi kedua berawal di garasi dan barakhir di ruang makan.


6. Pencahayaan
Rumah ini mengusahakan penggunaan pencahaan alami pada siang hari, hal ini diwujudkan dengan adanya jendela yang lebar dibagian depan rumah dan ruang terbuka didalam rumah yang bersebelahan dengan ruang makan dan dapur.


7. Pengudaraan
Begitupula dengan pencahayaan, rumah ini pula mengusahakan pengudaraan alami. Karena rumah ini berada di daerah perumahan, dimana bagian kanan, kiri, dan belakang langsung bersebelahan dengan tetangga sehingga udara hanya dapat masuk lewat bagian depan, namun hal ini disiasati dengan ruang terbuka dibagian belakang yang menciptakan sirkulasi silang yang membuat udara selaluberputar dan berganti. Tentunya hal ini akan menambah kesejukan dan kenyamanan penghuni rumah.


8. Pintu dan Jendela
Pintu dan jendela utama dirumah ini menghadap utara, namun agar dapat memanfaatkan pengudaraan dan pencahayaan alami secara maksimal, jendela dan pintu juga dipasang di bagian ruang teruka yang ada didalam rumah.


9. Kesimpulan
Jika dilihat dari semua aspek yang ada diatas bahwa dapat disimpulkan bahwa sang pemilik rumah sudah sangat memperhitungkan kenyaman didalam rumah terutama pada penggunaan pengudaraan dan pencahayaan alami di dalam rumah, tentu hal ini juga akan membuat kondisi rumah menjadi lebih nyaman dan sehat.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar