Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Unsur-unsur yang ada di kebudayaan



Unsur kebudayaan yang bersifat universal yang dapat kita sebut sebagai isi pokok tiap kebudayaan di dunia. C. Kluckhohn di dalam karyanya berjudul Universal categories of culture mengemukakan, bahwa ada tujuh unsur kebudayaan universal, yaitu :
1.    Peralatan dan perlengkapan hidup manusia sehari-hari.
Bersumber dari pemikirannya yang cerdas dan dibantu dengan tangannya yang dapat memegang sesuatu dengan erat, sehingga manusia dapat membuat dan mempergunakan alat, seperti pakaian, alat rumah tangga, senjata, dan lain sebaginya.
2.    Sistem mata pencaharian dan sistem ekonomi.
Sistem mata pencaharian dan ekonomi merupakan produk manusia sebagai homo economicus menjdikan tingkat kehidupan manusia secara umum terus meningkat. Contohnya seperti pertanian, peternakan, sistem produksi, dan lain sebagainya.
3.    Sistem kemasyarakatan.
Merupakan produk atau hasil dari manusia sebagai homo socius. Manusia sadar bahwa tubuhnya lemah, namun memiliki akal, maka disusunlah organisasi kemasyarakatanakan dimana manusia bekerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.
4.    Bahasa sebagai media komunikasi.
Yang satu ini merupakan hasil dari manusia sebagai homo longuens. Bahasa manusia pada mulanya diwujudkan dalam bentuk tanda (kode) yang kemudian disempurnakan dalam bentuk bahasa lisan, akhirnya menjadi bentuk bahasa tulisan.
5.    Ilmu Pengetahuan.
Merupaka hasil darimanusia sebagai homo sapiens. Pengetahuan dapat diperoleh dari pemikiran sendiri, disamping itu didapat juga dari orang lain. Kemampuan manusia mengingat apa yang telah diketahui kemudian menyampaikan kepada orang lain melalui bahasa, menyebabkan pengetahuan menyebar luas. Lebih-lebih bila pengetahuan dibukukan, maka penyebarannya dapat dillakukan dari satu generasi ke generasi selanjutnya.
6.    Kesenian.
Hasil dari manusia sebagai homo aesteticus. Setelah manusia dapat mencukupi kebutuhan fisiknya, maka dibutuhkan kebutuhan psikisnya untuk dipuaskan. Manusia bukan lagi semata-mata memenuhi kebutuhan isi perut saja,mereka juga perlu pandangan mata yang indah, suara yang merdu, yang semuanya dapat dipenuhi melalui kesenian. Contohnya seni musik, lukis, tari, dan yang lainnya.
7.    Sistem Religi.
yang ini mupakan hasil dari manusia sebagai homo religieus. Manusia yang memiliki kecerdasan pikiran dan perasaan luhur, tanggap bahwa diatas kekuatan dirinya terdapat kekuatan lain yang maha besar. Karna itu manusia takut, sehingga menyembahnya dan lahir kepercayaan yang sekarang menjadi agama.
Masing-masing unsur kebudayaan universal ini menjelma dalam ketiga wujud buaya tersebut diatas, yaitu wujud sistem budaya, sistem sosial, dan unsur budaya fisik.
Perlu dimengerti bahwa unsur-unsur kebudayaan yang membentuk struktur kebudayaan itu tidak berdiri lepas dengan lainnya. Kebudayaan bukan hanya sekedar merupakan jumlah dari unsur-unsurnya saja, melainkan merupakan keseluruhan dari unsur-unsur tersebut yang yang saling berkaitan erat (integrasi), yang membentuk kesatuan harmonis. Masing-masing unsur saling mempengaruhi secara timbal balik.apabila terjadi perubahan pada salah satu unsur maka akanmenimbulkan perubahan pada unsur yang lain pula.

sumber:
- modul IBD (Ilmu Budaya Dasar)
-Drs. Joko Tri Prasetya, dkk. 1991. Ilmu Budaya Dasar, MKDU, Edisi Baru. Jakarta. penerbit Rineka Cipta. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar