Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Unsur – Unsur Yang Ada Di Pandangan Hidup



1.    Cita-cita.
Adalah apa yang diinginkan yang mungkin dapat dicapai dengan usaha atau perjuangan. Untuk mencapai cita-cita tergantung tiga faktor:
1.1.   Faktor manusia       : yang ditentukan oleh kualitas manusianya.
1.2.   Faktor kondisi         : mempengaruhi tercapainya cita-cita yang umumnya disebut faktor yang menguntungkan / memperlancar dan menghambat.
1.3.   Faktor tingginya cita-cita.

2.    Kebajikan.
Perbuatan yang mendatangkan kebaikan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika atau moral.
Manusia adalah seorang pribadi yang utuh yang terdiri dari jiwa dan badan, menurut kodratnya
Manusia itu baik, mahkluk bermoral, mahkluk sosial, makluk tuhan, diciptaka tuhan dan dapat berkembang karena tuhan. Sebagai mahklluk pribadi, manusia dapat menentukan mana yang baik dan buruk. Baik buruk itu ditentukan oleh suara hati.

3.    Usaha / Perjuangan.
Adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita, kerja keras dapat dilakukan dengan otak atau ilmu maupun dengan tenaga atau jasmani atau bahkan kedua-duanya.
Kerja keras pada dasarnya menghargai dan meningkatkan harkat dan martabat manusia, sedangkan pemalas dapat menjadi manusia miskin. Dalam agama manapun diperintahkan untuk kerja keras seperti hadist yang diucapkan oleh Nabi Muhammad S.A.W. yang ditujukan pada pengikitnya, “bekerjalah kamu seakan-akan kamu hidup selama-lamanya dan beribadahlah kamu sekan-akan kamu akan mati besok.”
Allah berfirman dalam Al-qur’an surat Ar-Ra’du ayat 11 “seseungguhnya Allah tidak mengubah suatu kaum, kecuali jika mereka mengubah keadaan mereka sendiri.”
Dari hadist dan firman diatas maka disimpulka bahwa manusia wajib bekerja keras untuk memperbaiki nasibnya.

4.    Keyakinan dan Kepercayaan.
menjadi dasar pandangan hidup yang berasal dari dari akal atau kekuasaan Tuhan, ada tiga aliran filsafat, yaitu :
4.1.   Aliran naturalisme
Hidup manusia itu dihubungkan dengan kekuatan gaib yang merupakan kekuatan tertinggi, kekuatan gaib itu dari natur dan itu dari tuhan. Manusia adalah ciptaan tuhan karena itu manusia mengabdi kepada tuhan melaliu ajaran-ajaran agama.

4.2.   Aliran intelektualisme
Dasar aliran ini adalah logika atau akal (kalbu yang berpusat dihati) “hati nurani” maa keyakinan manusia itu bermula dari akal.

4.3.   Aliran gabungan
Dasar aliranini adalah kekuatan gaib yang berasal dari tuhan sebagai dasar keyakinan, sedangkan akal adalah dasar kebudayaan yang menentukan benar tidaknya sesuatu yang dinilai berdasarkan akal, baik sebagai logika berpikir maupun rasa atau hati nurani. Apabila dasar keyakinan itu kekuatan gaib dari tuhan dan akal berimbang maka akan menghasilkan pandangan hidup sosialisme- religius, kebajikan yang dikehendaki adalah kebajikan menurut logika berpikir dan dapat diteria hati nurani, semua itu berkat karunia tuhan.


sumber:
- modul IBD (Ilmu Budaya Dasar)
-Drs. Joko Tri Prasetya, dkk. 1991. Ilmu Budaya Dasar, MKDU, Edisi Baru. Jakarta. penerbit Rineka Cipta. 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar