Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kincir Angin Canggih Dari Peradaban Persia Kuno

Menara Angin Persia

Ternyata kecanggihan teknologi di bidang arsitektur sudah terlihat di peradaban persia sejak 3000 tahun yang lalu, dipersia terdapat kincir angin yang berguna untuk menggiling gandum dan memompa air.


Menara angin atau Windcatcher merupakan elemen arsitektur tradisional Persia untuk menciptakan ventilasi alami dalam bangunan


Tanaman alang – alang diikat menjadi satu sehingga terbentuk bantalan yang diletakkan di sumbu pusat. Kincir angin ini dibuat dengan hati – hati, karena hampir setiap bagian dibuat dengan tangan. Walaupun mekanismenya sederhana, tetapi kincir angin ini telah dikenal oleh seluruh peradaban lainnya pada masa itu, dan beberapa negara masih menggunakan mekanisme seperti ini hingga di era modern ini. Bisa dibilang, kincir angin kuno ini merupakan cikal bakal kincir angin modern yang digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga angin.
Menara angin atau wind tower juga digunakan oleh masyarakat Persia untuk sistem ventilasi udara di rumah – rumah mereka. Sistem ventilasi mereka jauh lebih rumit dari sistem ventilasi yang ada di rumah kita. Sistem ventilasi yang mereka kembangkan sejak 2.000 tahun yang lalu ini mungkin hanya bisa disaingi oleh sistem ventilasi dengan teknologi modern. Prinsipnya adalah dengan menggunakan kombinasi perbedaan tekanan udara, dan penyesuaian iklim lingkungan di daerah Persia. 
Efektivitas windcatcher telah menyebabkan penggunaan rutin sebagai perangkat pendingin dalam arsitektur Persia . Banyak waduk air tradisional ( ab anbars ) dibangun dengan windcatchers yang mampu menyimpan air pada suhu mendekati beku selama bulan-bulan musim panas . Efek pendinginan evaporative adalah terkuat di iklim terkering , seperti di dataran tinggi Iran , mengarah ke penggunaan mana-mana windcatchers di daerah kering seperti Yazd , Kerman , Kashan , Sirjan , Nain , dan Bam .
Sebuah windcatcher kecil disebut shish - khan dalam arsitektur tradisional Persia . Shish - khan masih dapat dilihat di atas ab anbars di Qazvin dan kota-kota utara lainnya di Iran . Ini tampaknya lebih berfungsi sebagai ventilator daripada sebagai regulator suhu yang terlihat di padang pasir tengah Iran .

Pendekatan windcatcher baru-baru ini telah digunakan dalam arsitektur Barat, seperti di pusat pengunjung di Zion National Park, Utah , di mana berfungsi tanpa penambahan alat-alat mekanis untuk mengatur suhu .


Menggunakan aluminium untuk windcatcher menyediakan sistem menangkap lebih efisien , memungkinkan untuk menangkap angin dari berbagai arah . The Kensington Oval cricket ground di Barbados dan Saint - √Čtienne M√©tropole Zenith keduanya menggunakan metode ini .

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar